Uji Kompetensi Siswa Akomodasi Perhotelan PVS - SMK Prajnaparamita Malang - Paramita Vocational School (PVS)

SMK Prajnaparamita Malang

SMK Prajnaparamita Malang

Uji Kompetensi Siswa Akomodasi Perhotelan PVS


Selama tiga hari lalu, SMK Prajna Paramitha Malang mengadakan uji kompetensi untuk 99 siswanya. Uji kompetensi tersebut untuk mengukur kemampuan siswa dalam menimba ilmu Akomodasi Perhotelan selama tiga tahun di sekolah Jalan Serayu Malang ini. “Uji kompetensi ini bisa dikatakan tugas akhir yang meliputi pembuatan project proposal, teori dan praktek. Nilai dari uji kompetensi ini akan menjadi salah satu syarat kelulusan selain nilai ujian nasional,” tutur Wakasek Prajna Paramitha, Drs Suhada.

Menurut dia, dua pelajaran yakni House Keeping dan Front Office yang diujikan kepada para siswa. “House Keeping misalkan membersihkan kamar dan laundry sedangkan Front Office meliputi reservasi, reception, cashier dan sebagainya. Nilainya pun harus minimal 7,0,” lanjutnya. Para penguji, jelas mantan karyawan Hotel Kartika Graha ini, terdiri dari dua guru mata pelajaran tersebut dan dua staf Hotel Trio.

Yang menarik, saat uji kompetensi itu, beberapa siswa yang dinilai terbaik mendapat tawaran untuk langsung bekerja di Hotel Trio. Menurut Suhada, tawaran pekerjaan itu menjadi hal menarik untuk para siswa yang terpilih. Sebab, sekitar 40 persen lulusan SMK Prajna Paramita, langsung diterima di dunia kerja perhotelan dan bidang pariwisata lain.

“Sebenarnya, uji kompetensi ini dilaksanakan bulan Maret 2009 nanti. Terpaksa kita ajukan agar para siswa ini konsentrasi dan fokus untuk menghadapi ujian nasional,” tegas Suhada. Bahkan, katanya, untuk uji kompetensi itu saja, sekolah memberikan pelatihan khusus selama tiga bulan.

Sementara itu, Kepala SMK Prajna Paramitha, H. John Nadha Firmana SH mengaku, pihaknya akan melakukan training khusus untuk para siswa kelas tiga menghadapi ujian nasional nanti. “Selain try out, kita juga memberikan jam tambahan yang harus diikuti semua siswa kelas tiga. Try out khusus untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika,” ujarnya. (mar) (Marga Nur/malangpost)
Uji Kompetensi Siswa Akomodasi Perhotelan PVS Uji Kompetensi Siswa Akomodasi Perhotelan PVS Reviewed by Moch. Zamroni on 10.27 Rating: 5

Tidak ada komentar: