MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) SMK Prajnaparamita 2016 - SMK Prajnaparamita Malang - Paramita Vocational School (PVS)

SMK Prajnaparamita Malang

SMK Prajnaparamita Malang

MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) SMK Prajnaparamita 2016

Alhamdulillah SMK Prajnaparamita Malang telah melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tahun diklat 2016/2017 yang mana kegiatan ini semata-mata untuk meningkatkan kebersamaan dan solidaritas antar siswa. Kegiatan ini juga dapat dijadikan untuk pengenal siswa baru terhadap lingkungan sekolah.

MLPS di SMK Prajnaparamita dibuka pada hari Senin, 18 Juli 2016 untuk pengenalan panitia MLPS dan anggota OSIS serta pembagian kelas. Acara inti MPLS dilaksanakan selama 3 hari, 19 Juli 2016 - 21 Juli 2016:

  1. Kegiatan Hari pertama: materi kurikulumum dan pengenalan 3 jurusan yang ada di sekola SMK Prajnaparamita Malang kemudian pengenalan area sekolah sesuai jurusan masing-masing.
  2. Kegiatan hari kedua: materi kesiswaan, kepramukaan, humas, keorganisasian OSIS
  3. Kegiatan hari ketiga: Acara pentas seni, atraksi dan olahraga dari berbagai macam ekstrakulikuler antara lain: Sholawat Banjari, Futsal, Tari, Badminton, Fashion, Basket, Voli, Pramuka, Teater. Dalam acara penutupan juga digelas pemutaran dokumentasi kilas balik MLPS SMK Prajnaparmita Malang.

Sekarang tidak ada lagi MOS. MOS sudah ditiadakan, diganti dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi siswa baru. Pelaksanaan MPLS ini berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Permendikbud) Nomor 18 Tahun 2016 Tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru.

Pada awal tahun pelajaran, perlu dilakukan MPLS bagi siswa baru. MPLS adalah kegiatan pertama masuk Sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur Sekolah.

Tujuan dari MPLS yaitu mengenali potensi diri siswa baru; membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah; menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru; mengembangkan interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah lainnya; serta menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.

MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) SMK Prajnaparamita 2016 MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) SMK Prajnaparamita 2016 Reviewed by ibudyah on 21.13 Rating: 5

1 komentar: