HARI KARTINI Tahun 2020 - SMK Prajnaparamita Malang - Paramita Vocational School (PVS)

SMK Prajnaparamita Malang

SMK Prajnaparamita Malang

HARI KARTINI Tahun 2020

SELAMAT HARI KARTINI


Peringatan Hari Kartini di Tahun 2020 ini mungkin tidak semeriah tahun – tahun sebelumnya, namun nilai – nilai sejarah perjuangan Raden Ajeng Kartini tak lekang dimakan zaman. Melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 108 Tahun 1964 Tanggal 2 Mei Tahun 1964, Presiden Republik Indonesia Ir. Soekarno menetapkan R. A. Kartini sebagai Pahlawan kemerdekaan Nasional.
R. A. Kartini lahir dari kalangan keluarga bangsawan pada Tanggal 21 April Tahun 1879 di Jepara. Beliau merupakan putri Bupati Jepara Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat dan M. A. Ngasirah. Tanggal kelahiran R. A. Kartini pada 21 April saat ini diperingati sebagai Hari Kartini. Sebuah Peringatan Hari Nasional yang didedikasikan untuk kaum wanita di seluruh Indonesia. Hari dimana sejarah perjuangan wanita Indonesia memperoleh haknya secara proporsional sehingga emansipasi wanita sejajar dengan kaum pria pada tempatnya.
Pendidikan kaum wanita menjadi ujung tombak perjuangan R. A. Kartini. Pada saat R. A. Kartini menjadi Istri Bupati Rembang K. R. M. Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat, Beliau mendirikan sekolah untuk kaum wanita pribumi, karena pada masa itu pendidikan untuk wanita pribumi masih sangat terbatas. Beliau berkeyakinan bahwa seorang wanita suatu saat akan mengemban tugas dan pengaruh yang besar dimulai dari sebagai seorang istri dan ibu yang mendidik anak – anaknya di lingkungan keluarga. Tidak hanya sampai disitu, peran seorang wanita dari keluarga akan terus berkembang pada tingkat kehidupan sosial bermasyarakat dan bernegara. Untuk itulah seorang wanita harus memiliki bekal kemampuan dan pendidikan yang cukup untuk mengemban tugas dan perannya dikemudian hari Di sekolah tersebut para wanita pribumi pada masa itu diajarkan pelajaran membaca, menulis, menjahit, menyulam, memasak, dan sebagainya.
Tulisan dan pemikiran R. A. Kartini untuk memajukan masyarakat pribumi pada masa itu tertuang dalam surat – surat R. A. Kartini kepada sahabatnya di Belanda. Oleh sahabat karibnya Mr. J.H. Abendanon surat – surat R. A. Kartini dikumpulkan dan dibukukan dengan judul Door Duisternis tot Licht.
Semangat R. A. Kartini untuk mengajarkan para wanita pribumi agar lebih menjadi lebih baik dan berpendidikan harus tetap menginspirasi dalam jiwa masyarakat Indonesia. Perjuangannya untuk memajukan emansipasi wanita telah membuka kesempatan pada wanita Indonesia masa kini untuk mengembangkan peran dan potensinya secara maksimal dan berkualitas bagi kemajuan keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.


Selamat Hari Kartini 21 April Tahun 2020
By: KPU Kota Malang.
HARI KARTINI Tahun 2020 HARI KARTINI Tahun 2020 Reviewed by lusia on 14.17 Rating: 5

Tidak ada komentar: