Gelar Karya Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema " Kearifan Lokal " ( Sejarah Lokal Kota Malang ) - SMK Prajnaparamita Malang - Paramita Vocational School (PVS)

SMK Prajnaparamita Malang

SMK Prajnaparamita Malang

Gelar Karya Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema " Kearifan Lokal " ( Sejarah Lokal Kota Malang )

Gelar Karya Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema " Kearifan Lokal "

( Sejarah Lokal Kota Malang )


                Mengutip dari kurikulum.kemdikbud.go.id. P5 atau Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ialah projek lintas disiplin ilmu yang kontekstual dan berbasis pada kebutuhan masyarakat atau permasalahan di lingkungan satuan Pendidikan. Oleh karena itu dengan adanya P5 dalam Kurikulum Merdeka ini nantinya diharapkan setiap individu peserta didik memiliki karakter dan kemampuan yang dibangun dalam keseharian dan dihidupkan dalam diri setiap peserta didik. Upaya penerapan P5 dalam Kurikulum Merdeka ini dapat dilakukan dengan berbagai contoh penerapan seperti budaya satuan pendidikan, pembelajaran interkulikuler, dan ekstrakulikuler. P5 ini juga sebagai jawaban atas satu pertanyaan besar, yaitu “Peserta didik dengan profil (kompetensi) seperti apa yang ingin dihasilkan oleh sistem pendidikan Indonesia?” Di awal tahun pelajaran, P5 juga mempunyai prinsip-prinsip yang wajib diketahui. Pertama, holistik, bermakna memperhatikan sesuatu secara menyeluruh dan tidak parsial atau terpisah-pisah. Kerangka berpikir holistik mendorong kita untuk mempelajari sebuah tema secara menyeluruh dan melihat keterhubungan dari berbagai hal untuk memahami sebuah isu secara mendalam.

      




Kedua, kontekstual, yang berkaitan dengan upaya mendasarkan kegiatan pembelajaran pada pengalaman nyata yang dihadapi dalam keseharian. Prinsip ini mendorong pendidik dan peserta didik untuk dapat menjadikan lingkungan sekitar dan kehidupan sehari-hari sebagai bahan utama pembelajaran. Ketiga, berpusat pada peserta didik. Ini berkaitan dengan skema pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk menjadi subjek pembelajaran yang aktif menjalankan proses belajarnya secara mandiri, termasuk memiliki kesempatan memilih dan mengusulkan topik projek profil sesuai minatnya.




Keempat, eksploratif. Ini berkaitan dengan rasa semangat untuk membuka ruang yang lebar bagi proses peningkatan diri dan inkuiri, baik terstruktur maupun bebas. Projek penguatan profil pelajar Pancasila tidak berada dalam struktur intrakurikuler yang terkait dengan berbagai skema formal sistematika mata pelajaran para peserta didik. SMK Prajnaparamta MAlang merupakan salah satu sekolah di Kota Malang yang tahun ini melaksanakan implementasi P5 pada kurikulum merdeka tahun pelajaran 2022/2023 untuk pertama kalinya. Gelar karya merupakan aktualiasasi P5 di lingkungan SMK Prajnaparamita Malang. Kegiatan yang mengusung tema “Kearifan Lokal", Tumbuhkan Jiwa Pancasila” diikuti oleh seluruh civitas SMK Prajnaparamita Malang. Turut dimeriahkan berbagai macam-macam bazar hasil PJBL dibeberapa mata pelajaran.

Gelar Karya Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema " Kearifan Lokal " ( Sejarah Lokal Kota Malang ) Gelar Karya Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema " Kearifan Lokal " ( Sejarah Lokal Kota Malang ) Reviewed by lusia on 09.31 Rating: 5

Tidak ada komentar: